KODE Dfp 1 Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Indosat, Tri, Simpati, XL Dan Smartfren | BOCAH AJAIB

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Indosat, Tri, Simpati, XL Dan Smartfren

KODE 200x200
KODE 336x320 atau in artikel
Cara registrasi kartu prabayar - Bagaimana cara registrasi ulang kartu prabayar indosat ooredoo ? Tentu kita sudah mendengar akan kewajiban melakukan registrasi kartu prabayar indosat yang mulai efektif berlaku pada tanggal 31 Oktober 2017. Dimana proses validasi merupakan salah satu bagian dari proses registrasi kartu prabayar yang di dalamnya terdapat data identitas diri pelanggan akan divalidasi melalui database kependudukan Ditjen Dukcapil. Oleh karena itu sesuai dengan peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016, kita diwajibkan untuk melakukan daftar ulang nomer indosat ke 4444 dengan menyertakan nomer ktp dan juga nomer kk.

Registrasi ulang kartu im3 ini wajib diikuti oleh seluruh pengguna indosat baik itu calon pelanggan / pelanggan baru dan pelanggan lama yang menggunakan kartu indosat maupun mentari. Bilamana kita tidak segera mendaftarkan nomer indosat yang kita gunakan ini sebelum tanggal 28 Febuari maka akan ada tindakan tegas yang akan diberikan oleh Menkominfo. Lantas bagaimana cara registrasi kartu im3 manual sesuai ktp dan kk tersebut? Perlu untuk kita ketahui bahwa penyedia jasa telekomunikasi dapat melakukan pemblokiran bertahap apabila kita tidak melakukan aktivasi ulang kartu prabayar indosat yang kita gunakan. Tidakan yang akan dilakukan dapat berupa, sebagai berikut:

  • Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang nomer indosat dan mentari oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.
  • Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin a.
  • Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin b.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami TechnoEcho akan mencoba memberikan informasi mengenai cara melakukan registrasi ulang kartu indosat melalui sms ataupun online. Jadi kita tidak perlu repot - repot untuk datang ke gerai indosat karena kita dapat melakukan daftar ulang kartu indosat tersebut sendiri dengan mengirim format sms ke 4444 ataupun lewat situs resmi indosat. Namun apabila kita mengalami kesulitan saat melakukan registrasi nomer im3 tersebut, kita bisa menghubungi layanan pelanggan di 185. Mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara registrasi ulang kartu indosat ooredoo 2017 selengkapnya di bawah ini.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Indosat, Tri, Simpati, XL Dan Smartfren

cara registrasi ulang kartu prabayar

Mungkin tidak sedikit yang beranggapan bahwa sebelum adanya peraturan wajib validasi ulang kartu prabayar sesuai ktp dan kk ini, kita sudah pernah mendaftarkan kartu sim yang digunakannya dahulu menggunakan kode outlet. Namun perlu untuk kita ketahui ternyata terdapat perbedaan registrasi kartu prabayar yang dahulu dengan yang sekarang. Di bawah ini akan kami berikan sedikit perbedaan daftar ulang kartu sim dahulu dan sekarang, diantaranya :

1. Ketentuan Registrasi Lama
  • Registrasi menggunakan data Nomor Identitas, Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir, ROID (Retail/Outlet ID), Kode Pos
  • Hanya dapat dilakukan oleh gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra
  • Tidak terdapat proses validasi

2. Ketentuan Registrasi Baru
  • Registrasi kartu perdana menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (No. KK) yang tercantum pada KTP elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, gerai penyelenggara jasa telekomunikasi, gerai milik mitra atau menghubungi layanan contact center.
  • Harus melalui proses validasi ke database Ditjen DUKCAPIL

Hal ini dilakukan oleh pemerintah kita dengan maksud untuk menekan tindakan krimimal yang menggunakan kartu prabayar baik itu indosat, simpati, XL, three, ataupun smartfren. Selain itu pemerintah juga ingin memberikan kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai. Dimana data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal - hal lain sejenisnya jika kita sudah mendaftarkan nomer indosat yang kita gunakan.
cara registrasi ulang kartu prabayar

Jika melihat tujuan registrasi kartu indosat im3 dari pemerintah tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita segera melakukan aktivasi ulang kartu prabayar yang kita miliki. Sebelum kita memulai untuk membahas cara daftar ulang kartu prabayar indosat, ada beberapa hal yang perlu untuk kita persiapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah :

Bagi WNI (Warga Negara Indonesia) yang akan melakukan registrasi ulang kartu prabayar, kita harus mempersiapkan :
  • KTP elektronik
  • Kartu Keluarga (KK)

Sedangkan bagi WNA (Warga Negara Asing) yang akan melakukan registrasi ulang kartu prabayar, kita harus mempersiapkan :
  • Paspor
  • KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
  • KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

Cara registrasi ulang kartu prabayar lewat 4444 dan online


Di bawah ini akan kami sampaikan beberapa cara daftar ulang kartu prabayar yang dapat dilakukan oleh para pengguna Indosat, 3 (Tri), Telkomsel, XL, dan Smartfren.

1. Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Indosat
cara registrasi ulang kartu prabayar



Kita dapat melakukan registrasi ulang nomor prabayar IM3 Ooredoo sendiri lewat sms dengan cara :
  • Bagi pengguna baru ketik SMS REG (spasi) NIK#NomorKK# lalu kirim kan ke 4444.
  • Sedangkan untuk pengguna lama ketik SMS ULANG (spasi) NIK#NomorKK# lalu kirim kan ke 4444.

Ketik SMS : NIK#NomorKK#
Kirim ke 4444
Contoh: 7890112345623456#8901212345673456# Kirim ke 4444

Namun kita juga dapat untuk melakukan aktivasi ulang nomer indosat tersebut secara online atau web dengan cara, sebagai berikut :
  1. Pertama - tama kita harus masuk terlebih dahulu ke situs resmi indosat pada alamat : https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi 
  2. Setelah itu kita tinggal masukan data sesuai dengan format yang sudah disediakan pada web indosat ooredoo tersebut 

2. Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar 3 (Three)

Untuk mendaftarkan ulang kartu 3 sesuai dengan nomer ktp dan nomer kk melalui sms, caranya tidak begitu berbeda dengan cara registrasi ulang nomor prabayar IM3 Ooredoo di atas. Kita hanya perlu mengetik sms dengan format sebagai berikut :
  • Ketik SMS REG (spasi) NIK#NomorKK# lalu kirim kan ke 4444, bagi pengguna baru.
  • Ketik SMS ULANG (spasi) NIK#NomorKK# lalu kirim kan ke 4444, bagi pengguna lama.

Sedangkan cara untuk melakukan registrasi ulang kartu tri melalui web dengan memasukkan data dengan benar sesuai dengan informasi pada e-KTP dan Kartu Keluarga, dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :
cara registrasi ulang kartu prabayar

  1. Pertama - tama kita masuk terlebih dahulu pada laman web Registrasi Tri Prabayar pada alamat : https://registrasi.tri.co.id/reregistration
  2. Setelah itu masukan Nomor Tri yang akan diregistrasi ulang
  3. Selanjutnya isi kolom NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  4. Masukkan 16 digit Nomor KK (Kartu Keluarga)
  5. Kemudian untuk keamanan data dan kartu kita, pilih salah satu metode yang berupa kode rahasia sekali pakai via SMS (berlaku 5 menit) atau memasukan 4 angka terakhir nomor seri (ICCID) 
  6. Jangan lupa centang "I'm not a robot"
  7. Dan jika kita rasa data sudah benar kita dapat mengirimkan data tersebut dengan menekan pilihan "Kirim"

3. Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Simpati 
cara registrasi ulang kartu prabayar


Cara registrasi kartu simpati 2017 sesuai dengan nomer ktp dan kk yang sudah diatur oleh peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016 dapat kita lakukan dengan mengirim sms ke 4444 atau mengunjungi situs resmi telkomsel pada alamat https://mobi.telkomsel.com/ulang, untuk selengkapnya dapat anda lihat pada artikel kami sebelumnya yang membahas tentang Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel Simpati, Loop, As.

4. Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar XL
cara registrasi ulang kartu prabayar


Untuk melakukan daftar ulang kartu XL sesuai KTP dan KK lewat hp android ataupun komputer kita cukup mengisi formulir yang sudah disiapkan, apabila hendak mendaftarkan kartu xl bagi pengguna baru ataupun lama lewat sms cukup dengan mengirimkan pesan ke 4444.

Akan tetapi jika kita hendak registrasi ulang secara online via web, kita hanya perlu mengunjungi situs resmi XL tersebut dengan alamat https://registrasi.xl.co.id/ulang. Atau untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat pada artikel kami sebelumnya yang membahas tentang Cara Registrasi Ulang Kartu XL Lewat SMS Dan Web.

5. Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Smartfren
cara registrasi ulang kartu prabayar


Untuk melakukan aktivasi kartu smartfren agar tidak terblokir ataupun dapat digunakan internet bagi pengguna baru kartu sim smartfren terdapat dua cara, yaitu cara registrasi ulang kartu smartfren melalui sms dan juga cara registrasi ulang kartu smartfren melalui web pada situs resmi smartfren. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara aktivasi ulang sim kartu prabayar smartfren menggunakan hp android dan komputer disini.

Perlu untuk kita ketahui bahwa validasi merupakan salah satu bagian dari proses registrasi kartu prabayar yang berlangsung maksimal 1x24 jam. Apabila terdapat gangguan sistem saat proses registrasi, aktivasi tetap dapat dilakukan. Selanjutnya pelanggan / Calon Pelanggan secara berkala melakukan proses registrasi sampai berhasil.

Dan yang menarik disini, ternyata jumlah nomor yang dapat diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi. Jika lebih dari 3 nomor, maka nomor ke-4 dan seterusnya untuk melakukan registrasi nomer indosat tersebut dapat dilakukan melalui gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi.

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang bagaimana cara melakukan validasi nomer indosat baru dan lama sesuai dengan aturan Menkominfo yang menyertakan nomer ktp dan nomer kk tersebut. Semoga artikel kami yang kami dapatkan dari beberapa sumber situs resmi penyedia layanan telekomunikasi di Indonesai tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
Kode 300 x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2
Kode DFP2